Selasa, 01 Maret 2011

Tim Robot Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Robot Amerika




Tim robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung yang terdiri atas Yusrila Y.Kerlooza dan Rodi Hartono untuk kedua kalinya meraih medali emas pada ajang kompetisi “Robogames 2010? di San Fransisco, Amerika Serikat yang berlangsung pada akhir April 2010.

Selain meraih juara kontes tingkat internasional, tim Unikom jug menjuarai ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) wilayah regional II pada 7-9 Mei 2010 dengan menyabet seluruh juara pertama dari tiga kategori lomba KRCI, yakni robot beroda, berkaki, dan battle.

Para pemenang pada ajang Robogames di AS dan Kontes Robot Cerdas Indonesia KCRI dari Unikom tersebut diterima Wakil Mendiknas Fasli Jalal di kantor Kementerian Dinas Pendidikan (Kemdiknas) Senayan, Jakarta, Selasa (11/5).

Fasli Jalal dalam sambutannya mengatakan, potensi-potensi istimewa tidak selalu muncul dari universitas-univesitas besar dan ternama saja.

“Modal ketekunan, kerja keras, disiplin serta tim yang solid menjadi jalan kemenangan bagi mahasiswa Unikom untuk menjuarai berbagai kompetisi robot baik di dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.

Lebih lanjut Fasli mengatakan, para peraih medali emas akan memperoleh blockgrant untuk melakukan penelitian dan inovasi lebih lanjut dari karya-karya yang sudah dikembangkan.

“Bila pemenang olimpiade internasional di tingkat SMA bisa memperoleh beasiswa S1 hingga S3 di universitas dimana saja yang mereka kehendaki, maka untuk mahasiswa memang belum ada model pemberian beasiswa seperti itu. Namun kami untuk tahun ini saja Ditjen Dikti menyiapkan 5.000 paket blockgrant untuk kegiatan pengembangan penelitian,” katanya.

Wakil Tim Robot Unikom, Yusrilla Y Kerlooza mengatakan, kompetisi RoboGames 2010 yang sebelumnya bernama ROBOlympics merupakan kompetisi tahun ketujuh diikuti 17 negara peserta serta 181 tim.

Unikom memperoleh penampilan terbaik dalam kategori “open fire fighting autonomous robot” diperoleh dari penampilan Robot DU-114 dalam mencari sumber api yang ditempatkan secara acak dan memadamkannya dengan semprotan air secara otomatis dengan hitungan waktu tercepat.

Sementara, robot juara pertama tim Unikom pada ajang KCRI Regional II adalah DU114-V10 untuk kategori robot pemadam api beroda, DU116 yang turun di kelas robot robot berkaki, dan DU99-V2 di divisi expert battle.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar